Artikel

Artikel Tentang Pendidikan Karakter Pada Anak Untuk Mewujudkan Bangsa Yang Beradab

Pendidikan karakter penting diberikan pada anak. Selain guru di sekolah, orang tua dirumah juga bisa turut membantu usaha tersebut. Para orang tua bisa membaca referensi artikel tentang pendidikan karakter pada anak. Jangan salah, pendidikan karakter anak bisa menjadi salah satu langkah untuk membangun suatu peradaban bangsa dan negara.

Seperti yang disinggung sebelumnya, jika negara yang beradab bisa dibangun. Salah satunya dengan memberikan pendidikan karakter pada anak. Hal ini banyak dibahas pada beberapa artikel tentang pendidikan karakter seperti contohnya di bawah ini:

Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sejak Dini

Faktanya memang pendidikan dianggap sangat penting dikarenakan dunia butuh orang-orang yang berpendidikan. Hal inilah yang kemudian mendasari setiap negara memiliki keharusan untuk memberikan pendidikan yang tinggi untuk masyarakatnya. Namun hal ini adalah pemikiran orang-orang lama zaman dulu.

Tidak Hanya Pendidikan, Pembentukan Karakter Juga Sangat Dibutuhkan

Seiring perkembangan zaman, kini pendidikan tinggi maupun gelar bukan menjadi patokan utama. Masyarakat zaman ini melihat juga pada karakter dari pribadi setiap orang. Hal ini disebabkan karena proses pendidikan di sekolah saat ini masih terlalu mementingkan aspek kognitifnya saja. Tidak begitu memperhatikan aspek psikomotoriknya.

Masih banyak ditemukan beberapa oknum guru yang hanya asal mengajar saja alias cuma sebatas formalitas. Dalam memberikan pengajaran, tanpa memberikan materi tentang etika-etika yang baik dan semestinya harus dilakukan. Padahal etika ini begitu diperlukan, terlepas seseorang menyandang gelar pendidikan apapun.

Menurut Daniel Goleman, dalam bukunya “Multiple Intelegences” menjelaskan tentang prosentasi kecerdasan yang diperlukan setiap orang. Hasilnya kecerdasan emosional dan sosial yang diperlukan dalam kehidupan sebesar 80%. Jumlahnya lebih besar ketimbang kecerdasan intelektual yang hanya dibutuhkan sekitar 20% saja.

Pendapat dari Daniel tersebut, salah satu yang menjadi dasar jika begitu pentingnya pendidikan karakter. Terutama untuk membangun sebuah negara dan bangsa yang beradab. Bukan malah suatu negara yang dipenuhi oleh orang-orang yang justru berperilaku biadab. Perilaku biadab ini salah satunya diakibatkan oleh kurangnya pendidikan etika sejak dini.

Pilar Pendidikan Karakter Yang Harus Ditanamkan Pada Anak-Anak

Sebagai penerus bangsa, anak-anak tentu saja perlu ditanamkan sejak dini tentang pendidikan karakter. Ada beberapa pilar karakter yang bisa ditanamkan pada anak-anak yang tentunya harus sejak dini. Berikut apa saja pilar karakter yang bisa diberikan untuk anak sejak dini

1. Kejujuran

Paling penting pendidikan karakter yang harus diberikan pada anak sejak dini adalah tentang kejujuran. Kejujuran bisa dikatakan merupakan benteng dari semuanya. Karakter kejujuran yang ditanamkan sejak dini tentu saja akan otomatis menjadi kebiasaan anak hingga dewasa nanti. Penerus bangsa harus memiliki karakter jujur.

Kejujuran dapat membawa masa depan negara menjadi lebih cerah. Sebut saja pemerintahan yang bersih yang nanti diciptakan oleh anak-anak yang telah dididik sejak kecil untuk jujur. Pemerintahan yang bersih tentu bisa membawa negara menjadi lebih maju karena bebas dari praktek kecurangan, dan lain sebagainya.

2. Keadilan

Selain kejujuran, pilar karakter keadilan juga harus ditanamkan sejak dini pada anak selaku generasi penerus bangsa. Dalam negeri ini, banyak sekali ditemukan praktek ketidakadilan. Ketidakadilan seperti ini tentu saja dapat mengganggu kehidupan berbangsa. Selain itu juga menjadi penyebab suatu negara susah untuk maju.

Dengan menanamkan pendidikan karakter keadilan sejak dini pada anak, nanti saat dewasa mereka akan terbiasa melakukan sikap adil. Dengan semakin banyaknya generasi penerus yang menjunjung tinggi keadilan, terwujudnya bangsa yang beradab tidak lagi menjadi impian semata.

3. Rasa Hormat

Rasa hormat merupakan pilar karakter yang juga harus ditanamkan sejak dini untuk generasi penerus bangsa. Terutama untuk yang lebih tua. Contoh mudah saja dengan cara menghormati kakak kelas, sekaligus menyayangi para adik kelasnya.

Saling menghargai antar teman seangkatan juga perlu dilakukan. Sikap saling menghormati, menyayangi, dan menghargai seperti ini akan mewujudkan kehidupan sekolah yang damai. Tanpa diwarnai aksi tawuran, bentrok, dan lain-lain. Begitu juga dalam berbangsa, dengan sikap saling hormat, dan menghargai akan membuat suatu negara menjadi lebih beradab dan selalu damai.

artikel tentang pendidikan karakter artikel tentang pendidikan karakter

Itulah contoh artikel tentang pendidikan karakter anak. Dengan sesekali memahami contoh artikel seperti ini orang tua mungkin bisa lebih memahami pentingnya memberikan pendidikan karakter pada anak sejak dini. Bisa menjadi sumber referensi bagi para pembaca. (BA)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close