fbpx
Artikel

Simak Artikel Tentang Lingkungan Ini

Artikel tentang lingkungan saat ini banyak sekali bersliweran di berbagai media menyusul kasus kebakaran hutan yang melanda Indonesia. Sebenarnya apa itu artikel lingkungan adalah artikel yang membahas atau berisi tentang berbagai permasalahan lingkungan yang terjadi. Salah satu yang sering dijadikan topik pembahasan adalah tentang lingkungan hidup.

Untuk memahami artikel tentang lingkungan akan lebih mudah jika melihat langsung contohnya. Di bawah ini adalah contoh artikel mengenai lingkungan hidup yang ditulis dengan alur dan struktur yang benar:

Dampak Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan Hidup

Kebakaran hutan yang selalu terjadi setiap tahunnya di saat Indonesia mengalami kemarau panjang terulang lagi. Belakangan ini ada beberapa daerah terdampak yang mengalami gangguan akibat kebakaran hutan yang terjadi. Sebenarnya apa dampak kebakaran hutan ini bagi lingkungan hidup, di bawah ini akan dijelaskan satu per satu:

1. Habitat Flora dan Fauna Habis

Dampak langsung pada kebakaran hutan adalah semakin berkurangnya luas hutan yang ada di Indonesia ini. Padahal diketahui bahwa hutan adalah habitat berbagai flora dan fauna yang hidup bergantung pada hutan. Di hutan itulah berbagai flora dan fauna hidup dan jika hutan sampai terbakar terus menerus setiap tahunnya maka flora dan fauna di dalamnya pasti akan rusak. Bukan tidak mungkin jika nantinya habitat flora dan fauna akan habis.

2. Keseimbangan Ekosistem Terganggu

Dampak lainnya yang akan terjadi pada lingkungan akibat kebakaran hutan adalah keseimbangan ekosistem akan terganggu. Hal ini karena hutan yang memiliki fungsi vital di dalam lingkungan tidak ada lagi dan tidak ada yang menggantikannya.

Hutan sudah rusak karena kebakaran, pohon-pohon di dalamnya sudah mati dan tidak bisa menjalankan fungsi sebagai paru-paru dunia. Juga perannya sebagai penyimpan cadangan air juga tidak ada lagi akibatnya ekosistem akan terganggu dan tidak seimbang lagi.

3. Keanekaragaman Hayati Berkurang

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa habitat flora dan fauna pasti akan terganggu bahkan rusak gara-gara kebakaran hutan. Jika hal ini terjadi terus-menerus maka maka flora dan fauna tersebut baik endemik atau tidak akan kehilangan habitat dan lama kelamaan mati.

Jika flora dan fauna di dalam hutan tersebut mati terus menerus jumlahnya akan berkurang. Keadaan ini akan mengancam keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia. Flora dan fauna langka yang ada di dalam hutan yang terbakar akan habis dan akan punah.

4. Terjadi Erosi Tanah

Setelah kebakaran hutan, jumlah pohon di dalam hutan pasti berkurang sehingga hutan menjadi gundul. Ketika hutan menjadi hutan gundul seperti itu, maka erosi tanah tidak akan terelakkan lagi karena tidak ada akar dari pohon yang bisa menahan aliran air jika ada hujan di sana. Efeknya akan terjadi erosi pada tanah hutan yang gundul tersebut dan semakin mengikis lapisan tanahnya yang semakin lama akan semakin habis.

5. Meningkatkan Potensi Bencana

Dampak jangka panjang kebakaran hutan terhadap lingkungan hidup adalah dapat meningkatkan potensi bencana. Ketika hutan sudah habis karena kebakaran selanjutnya yang terjadi adalah bencana yang mengancam di depan mata. Saat hutan sudah terbakar makin habis dari hari ke hari maka fungsi hutan akan hilang dan tidak tergantikan.

Saat hutan sudah habis, erosi tanah sudah terjadi maka selanjutnya yang mungkin terjadi adalah bencana tanah longsor. Ini adalah dampak terburuk yang akan terjadi akibat dari kebakaran hutan di Indonesia yang terjadi setiap tahun di Indonesia.

Nah itulah dampak yang akan terjadi pada lingkungan hidup akibat terjadinya kebakaran hutan yang berulang-ulang di Indonesia. Jika tidak ingin lingkungan hidup di Indonesia semakin rusak maka sebaiknya segera dilakukan pemadaman api dan pencegahan agar kebakaran tidak semakin meluas. Dengan demikian sama artinya dengan menjaga lingkungan hidup di Indonesia.

Demikian adalah contoh artikel tentang lingkungan khususnya membahas masalah tentang lingkungan hidup. Dengan membaca contohnya langsung pasti akan semakin mudah jika harus membuat artikel yang bertemakan tentang lingkungan. Hal itu karena semakin banyak referensi akan semakin mudah membuat sebuah artikel dengan topik apa pun itu. (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button