fbpx
ArtikelHealth

Simak Contoh Artikel Tentang Kesehatan Yang Benar

Banyak sekali jenis artikel jika dikelompokkan sesuai dengan topiknya, salah satunya adalah artikel tentang kesehatan. Jenis artikel ini pun tak sedikit jumlahnya dan dapat ditemukan dengan mudah di berbagai media baik online atau pun media cetak. Namun apakah artikel yang membahas tentang kesehatan tersebut baik dari segi penulisannnya, belum tentu juga oleh sebab itu simak contohnya di bawah ini.

Contoh Artikel Tentang Kesehatan Mata

Banyak sekali topik tentang kesehatan yang bisa diambil kali ini ada contoh artikel tentang kesehatan yang mengambil topik kesehatan mata. Berikut ini adalah contoh artikel kesehatan yang memiliki struktur yang benar tentang kesehatan mata:

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata sangat penting karena mata merupakan salah satu organ vital pada tubuh. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata baik dari makanan ataupun kebiasaan. Dengan melakukan berbagai tips menjaga kesehatan mata di bawah ini maka akan membantu menjaga kesehatan mata dengan baik:

1. Lakukan Pemeriksaan Secara Teratur

Jangan sepelekan kesehatan mata, karena ketika mata sakit apalagi jika sakit permanen akan menyulitkan. Hal itu karena tidak ada organ lain yang bisa menggantikan fungsi dari mata sebagai indera penglihatan. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan melakukan pemeriksaan secara teratur ke dokter mata.

Bahkan seharusnya pemeriksaan mata ke dokter sudah dimulai sejak bayi berusia 8 hari setelah lahir. Ini dilakukan untuk mendeteksi apakah penglihatan bayi normal atau tidak. Setelah itu bisa kontrol pada usia 4, 8, dan 24 bulan untuk melakukan cek rutin. Untuk usia anak dan dewasa bisa melakukan pemeriksaan setiap satu tahun sekali untuk cek rutin.

2. Makan Makanan yang Baik Bagi Mata

Selain melakukan pemeriksaan rutin juga bisa melakukan pencegahan kerusakan mata sekaligus menjaga kesehatan mata dengan konsumsi makanan bergizi. Vitamin yang baik bagi mata adalah vitamin A, vitamin ini bisa membuat mata menjadi jernih. Meski pun vitamin A tidak bisa mengurangi beratnya gejala minus mata tetapi dengan vitamin A akan membuat lensa mata menjadi jernih.

Makanan yang mengandung tinggi pro vitamin A adalah seperti wortel, jeruk, tomat, pepaya, dan buah sayur lain berwarna jingga. Kandungan pada buah sayur memang lebih banyak berbentuk pro Vitamin A, sedangkan vitamin A yang tinggi ada pada ikan laut dalam dan hati. Mengkonsumsi makanan-makanan di atas akan membantu menjaga kesehatan mata.

3. Hindari Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata

Penting untuk diketahui jika ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Untuk menjaga mata tentu saja harus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa merusak mata tersebut. Kebiasaan buruk seperti membaca sambil tidur, membaca dan menulis di tempat gelap, memandangi layar gadget terlalu lama, bermain gadget di tempat gelap.

Saat bermain gadget usahakan alihkan pandangan setiap 20 menit ke obyek lain agar mata tidak kering dan terasa pedih. Dengan menghindari berbagai kebiasaan buruk yang bisa merusak mata maka secara tidak langsung akan menjaga kesehatan mata.

4. Gunakan Alat Bantu Jika Memang Dibutuhkan

Jika mata memang sudah mengalami kelainan seperti rabun jauh atau rabun dekat maka gunakanlah alat bantu agar keadaan tidak semakin parah. Jika mata yang sudah mengalami kelainan terus dipaksa kerja keras tanpa alat bantu maka justru akan merusak mata. Gunakan alat bantu agar mata tidak bekerja semakin keras dan menambah kerusakan organ mata.

5. Lindungi Mata Ketika Beraktivitas di Luar Ruangan

Salah satu cara menjaga kesehatan mata lainnya adalah melindungi mata ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. Gunakan kaca mata hitam ketika beraktivitas di siang hari yang panas untuk melindungi mata dari sinar matahari yang menyilaukan. Selain itu, kaca mata juga akan melindungi mata dari debu yang bisa masuk ke mata dan menyebabkan mata menjadi kotor serta iritasi.

Nah itulah tips menjaga kesehatan mata yang mudah dilakukan dan cukup efektif menjaga mata agar tetap sehat. Dengan melakukan tips di atas maka dijamin mata akan tetap sehat segera ke dokter jika terjadi gangguan amata sewaktu-waktu.

artikel tentang kesehatan

Demikianlah contoh artikel tentang kesehatan mata yang memiliki struktur benar mulai pembukaan, isi dan penutup semoga bisa jadi referensi. Artikel dengan struktur yang benar seperti di atas akan lebih enak dibaca dan mudah dipahami alurnya oleh pembaca. Dengan demikian pesan yang ada di dalam artikel tersebut bisa tersampaikan kepada pembaca.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button