fbpx
EntertainmentLifestyleProductivityPsychology

9 Manfaat Mendengarkan Musik Di Kehidupan Anda

9 Manfaat Mendengarkan Musik Di Kehidupan Anda – Musik sudah dikenal sejak dahulu kala, bahkan ada yang untuk mengiri beberapa ritual. Dimasa kini musik untuk rileksasi sudah menjadi kebiasaan, sebenarnya hampir seluruh kehidupan manusia tidak bisa lepas dari musik. Penelitian membuktikan bahwa mendengarkan musik dapat membantu kinerja otak dalam mengingat serta berbagai hal lainnya. Bahkan diluar negeri sudah dikembangkan terapi pengobatan melalui musik.

Terlepas dari genre musik yang kamu sukai, semua berperan sama. Pernahkah kamu merasakan mood jadi membaik setelah mendengarkan musik kesukaan? Fakta membuktikan bahwa musik juga mampu memperngaruhi mood, sehingga bisa lebih baik. Jadi tidak ada salahnya menikmati musik sebelum kamu berkerja agar meningkatkan fokus serta terhindar dari stress.

Penangkal Stress Dan Membuat Rileks

Tuntutan pekerjaan biasanya membuat beberapa orang merasakan stress, apabila sudah begini akan sangat berbahaya kepada kualitas dari hasil kerja kamu. Untuk menghindari itu mendengarkan musik sebelum mulai berkerja ternyata bisa menjadi salah satu solusi ampuh! Lantunan melodi dari musik yang kamu sukai ternyata bisa menjadi pengusir rasa stress.

Hasil penelitian Universitas Yale membuktikan bahwa dampak dari  mendengarkan musik dapat  menenangkan berbagai sel didalam tubuh serta menormalkan denyut jantung kamu. Begitu besar dampaknya musik untuk rileksasi, jenis entertainment satu ini ternyata berperan banyak bagi kesehatan. Apabila kamu sering terserang stress saat berkerja, ada baiknya rehat sejenak sambil mendengarkan musik kesukaanmu.

Membantu Meningkatkan Hasil Olahraga

Bagi kamu yang memiliki hobi olahraga pasti ingin mendapatkan hasil maksimal bukan? tapi kenyataannya terkadang baru beberapa menit saja sudah lelah. Untuk mengatasi itu berolahraga sambil mendengarkan musik bisa menjadi pilihan. Saat mendengarkan musik sambil olahraga ternyata dapat meningkatkan stamina dan Anda mampu bertahan lebih lama melakukan latihan fisik.

Efek metronomik dari mendengarkan musik saat berolahraga membuat tubuh kamu tidak mudah lelah. Studi pada hal ini dilakukan oleh Brunei University menghasilkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kemampuan daya tahan tubuh sebanyak 15%, tubuh manusia memang unik dan luar biasa. Berbagai pemicu yang terlihat biasa saja ternyata menyimpan efek dahsyat seperti mendengarkan musik.

Membantu Meningkatkan Produktifitas

Pernah melihat di film-film luar negeri para pelukis sering memutar musik Instrumental untuk membantu mereka fokus? Sebenarnya ini adalah fakta bahwa musik dapat meningkatkan fokus serta produktifitas kamu saat berkerja. Diluar negeri sana beberapa orang sering mendengarkan instrumental agar bisa fokus dalam pekerjaannya.

Musik Instrumental juga membantu otak kamu untuk rileks, ini disebabkan oleh melodinya. Beat dari musik yang kamu dengarkan juga akan mempengaruhi irama dari otak. Gelombang otak akan berusaha menyelaraskan dengan irama musik yang kamu dengarkan. Maka dari itu, apabila ingin fokus sangat disarankan mendengarkan musik instrumental.

Obat Bagi Para Pengidap Insomnia

Insomnia sering menyerang orang dewasa karena stress ataupun terlalu sibuk. Biasanya para penderita insomnia memiliki produktifitas yang buruk karena kurangnya istirahat. Penyakit ini menyerang karena banyaknya tekanan pada pikiran saat hendak tidur. Solusi terampuh adalah mendengarkan musik dengan melodi yang lembut sebelum tidur.

Tapi yang harus diingat adalah jangan sampai berlebihan mengatur tingginya suara musik. Apabila terlalu berlebihan itu juga akan buruk bagi pendengaran kamu. Cukup bisa didengarkan saja sebagai musik pengantar tidur. Musik yang lembut membantu mengusir tekanan didalam pikiran dan membuat otak kamu lebih rileks. Sehingga memudahkan kamu untuk tidur dengan pulas.

Permudah Memori Anda Untuk Berkerja

Penyakit mengerikan seperti Alzheimer bisa terobati oleh musik. Alzheimer adalah jenis penyakit yang menyerang otak khususnya memori, mungkin pikun bisa dikategorikan skala kecilnya dari Alzheimer. Musik dapat membantu menghubungkan saraf-saraf memori di otak. Karena musik mempengaruhi banyak tempat di otak sehingga bisa dengan mudah merangsang memori untuk berkerja.

Bagi kamu yang berkerja dituntut harus memiliki ingatan yang baik, sering mendengarkan musik menjadi hal yang baik. Saat mendengarkan musik segala kejadian akan lebih mudah terekam dan kembali dingat oleh otak. Pernah Anda merasakan ketika jatuh cinta mendengarkan musik lalu beberapa tahun kemudian memutar musik yang sama dan merasakannya kembali? Itu merupakan sebagian keajaiban dari musik.

Musik Sebagai Sarana Meningkatkan IQ

Apakah kamu ingin memiliki anak yang cerdas, atau bahkan kamu sendiri ingin? Orang tua diluar negeri pasti membiasakan anaknya untuk menguasai salah satu alat musik seperti piano atau gitar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kecerdasan mereka. Penelitian juga membuktikan bahwa pelatihan musik pada anak dapat meningkatkan IQ mereka secara signifikan.

Kemampuan akademis anak tidak sepenuhnya berasal dari belajar tapi dengan bersantai dan menikmati musik juga bisa menjadi pilihan. Justru apabila anak selalu ditekan untuk selalu belajar yang ada malah ia akan stress dan enggan. Membiarkannya berkarya sambil mengajaknya perlahan untuk belajar lebih baik dan memberikan dampak yang lebih besar.

Memberikan Kualitas Hidup Yang Lebih Baik

Bahkan tokoh terkenal seperti Plato mengatakan bahwa musik dapat sampai kepada jiwa kita. Dengan musik kamu bisa lebih menikmati kehidupan, beberapa film Hollywood sukses karena adanya musik yang mendorong setiap kejadian didalamnya. Lebih sederhananya; bagaikan sayur tanpa garam, kehidupan tanpa musik akan begitu hambar.

Berbagai penelitian juga sudah mendukung bahwa mendengarkan musik dapat memberikan kualitas hidup bagi lansia yang lebih baik. Lebih dalam, musik dapat menyatukan orang-orang yang berbeda. Keunikanya dapat menyatukan orang kulit putih dan hitam di Amerika Serikat yang dahulu kala berseteru karena perbedaan ras.

Penahan Rasa Sakit Alamiah

Saat operasi ataupun sesudah pasti selaku pasien ketakutan dengan rasa sakit. Tapi apabila terus menggunakan obat-obatan akan berdampak buruk bagi tubuh lantas apa solusinya?. Ternyata solusinya sangat mudah, yaitu musik. Musik dapat membantu pelepasan endorfin didalam tubuh sehingga kamu tidak akan merasakan sakit. Pelepasan endorfin ini karena saat mendengarkan musik tubuh cenderung mendapatkan pengalihan dari rasa sakit.

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Yang Sedang Diet

Pernah terpikir metode diet, pasti sudah terbayang sangat ribetnya. Penelitian membuktikan lampu yang redup saat makan mengakibatkan kamu akan mengkonsumsi kalori lebih sedikit serta lebih menikmatinya. Metode ini bisa kamu terapkan saat ingin mengurangi berat badan tapi tidak mau melalui metode diet yang rumit. Metode ini juga tidak berbahaya seperti yang lainnya.

Beberapa dekade kebelakang, musik telah berperan penting bagi manusia mulai dari menyatukan perbedaan sampai menjadi salah satu saran menyuarakan aspirasi. Pada zaman orde baru musisi seperti Iwan fals berhasil menggetarkan kursi kekuasaan berkat musiknya yang fenomenal. Dan musik juga sering menjadi sarana pengumpulan donasi bantuan bagi yang membutuhkan.

Musik bisa menjadi entertainment sekaligus sebuah sarana untuk perubahan dan kemajuan. Karena itu juga musik tidak bisa terlepas dari manusia sampai saat ini. Semakin majunya zaman maka akan lahir karya musik yang lebih unik serta menarik lainnya.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close