How ToLifestyleTravel

8 Tips Ampuh Menabung Untuk Travel

8 Tips Ampuh Menabung Untuk Travel – Travel ke luar negeri merupakan impian yang sulit dicapai oleh sebagaian orang. Menabung untuk travel terkadang sulit dilakukan, karena biaya yang telah tersimpan sering kali terpakai untuk kebutuhan hidup. Dilema sering kali datang saat tabungan untuk travel telah terpenuhi, tapi ada masalah urgent yang membutuhkan biaya, dan akhirnya tabungan itu terpakai.

Diperlukan beberapa tips agar rencana travel Anda tidak terganggu. Kebulatan tekad untuk pergi berlibur juga sangat penting. Anda bukanlah sebuah robot yang harus terus berkerja tanpa menikmati liburan lewat travel. Biaya yang dibutuhkan memang terbilang mahal, tapi efek positifnya sangat diperlukan bagi Anda untuk kelangsungan karir yang lebih cemerlang kedepannya.

Mulai Mencicil Barang Kebutuhan Selama Travel

Selain menabung uang, hal yang juga perlu dilakukan apabila Anda ingin travel adalah mulai membeli sedikit demi sedikit barang keperluannya. Contohnya seperti ransel atau sepatu, agar saat travel nanti Anda lebih nyaman. Waktu yang lama juga memberikan kelonggaran bagi Anda untuk memilih hotel maupun destinasi wisata yang akan dituju.

Membeli barang kebutuhan travel juga memberikan sugesti bahwa harus terlaksananya kegiatan itu. Semakin lengkap barang yang anda kumpulkan, maka tekad Anda akan lebih teguh untuk menjalani travel. Tiket pesawat serta perlengkapan lainnya harus Anda cicil dalam bulan yang berbeda. Hal ini untuk menghindari pembengkakan pengeluaran. Jangan sampai karena membeli barang keperluan travel, tabungan Anda jadi terpakai.

Targetkan Pengeluaran Harian Anda Serta Selalu Disiplin

Tips yang satu ini memang terbilang sulit, karena banyak orang yang gagal karena tidak disiplin dengan pengeluaran mereka. Tidak berimbangnya antara pemasukan dengan pengeluaran menyebabkan tabungan untuk travel Anda akan terpakai dengan mudah. Contohnya apabila pemasukan Anda dalam 1 bulan adalah Rp 3.000.000,- sedangkan pengeluaran perharinya adalah Rp 50.000,- .

Dalam satu bulan saja Anda sudah menghabiskan biaya 1,5 juta. Dengan sisa uang 1,5 juta, seharusnya Anda bisa menabung setidaknya Rp 500.000,- dalam satu bulan. Apabila dikalkulasikan, dalam 12 bulan Anda sudah mendapatkan 6 juta, biaya sebesar itu sudah cukup. Tinggal Anda cicil kebutuhan lainnya sambil menabung.

Intensitas Menabung Harus Ditingkatkan

Banyaknya waktu Anda untuk menyisihkan uang akan membuat impian Anda untuk pergi travel semakin dekat. Dengan memperbanyak menabung juga akan menumbuhkan tekad yang kuat untuk pergi travel. Apabila Anda menjadwalkannya, itu akan lebih baik lagi, semakin sering akan lebih baik. Bila sudah terbiasa dengan menabung, tinggal tunggu saja rencana untuk travel akan terlaksana.

Membiasakan diri untuk menabung juga melatih kedisiplinan Anda dalam memanage keuangan kedepannya. Anda tidak akan boros apabila terbiasa menabung, bila telah mempunyai tujuan yang pasti seperti pergi travel bersama keluarga. Efek positif lainnya adalah Anda jadi bisa belajar untuk berhemat dan mulai fokus kepada setiap tujuan yang ingin digapai.

Tidak Membawa Kartu ATM Saat Berpergian

Unik memang, tapi tips satu ini akan sangat berdampak bagi anda yang ingin melakukan travel. Sadar atau tidak saat membawa kartu ATM, pasti Anda akan lebih mudah membeli suatu barang atau makanan yang bahkan tidak perlukan. Contohnya saat ada diskon baju, pasti Anda ingin membelinya karena ingat masih memiliki rupiah di dalam kartu ATM. Akhirnya uang yang seharusnya Anda tabung terpakai untuk membeli baju tersebut.

Anda bisa mengambil uang untuk keperluan seminggu sekali untuk menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan. Sedangkan kartu ATM Anda bisa disimpan di lemari. Pergi keluar hanya dengan membawa uang secukupnya saja untuk membiayai kebutuhan, jangan sampai tergoda oleh berbagai diskon atapun bonus dari membeli barang agar tidak boros.

Memisahkan Uang Tabungan Dengan Kebutuhan

Klasik memang, tapi memisahkan uang kebutuhan hidup dengan simpanan travel akan sangat berpengaruh. Anda tentu tidak mau apabila uang yang seharusnya diperuntukkan untuk pergi travel malah terpakai. Masalah ini bisa Anda hindari dengan membuat rekening lain, agar saat diperlukan tabungan travel tidak tersentuh sedikitpun.

Membuat rekening lain juga sangat berguna saat Anda berada di destinasi travel nanti. Salah satunya menjadi media tarik tunai diluar negeri. Maka dari itu usahakan membuat rekening yang bisa digunakan di tempat wisata nanti. Rekening lain ini juga menjadi penyemangat untuk Anda agar terlaksananya impian travel ke luar negeri.

Jangan Memaksakan Diri Berhutang

Salah satu pilihan berhutang saat travel adalah dengan fasilitas kredit. Dampaknya akan sangat fatal bagi perekonomian sekaligus psikologi Anda. Travel yang seharusnya membuahkan hasil positif bisa berbalik menjadi negatif karena kredit. Beban biaya kredit setelah liburan akan membuat Anda stress dan memperburuk keadaaan Anda. Untuk itu menggunakan biaya seadanya dan lama travel secukupnya juga sangat penting.

Menggunakan kredit memang terbilang solusi ampuh bagi sebagian orang. Tapi apabila dilihat dari efek sesudahnya, Anda akan terbebani dengan cicilan yang terus menghantui, membuat fokus serta produktifitas terganggu. Kuatkan diri anda untuk hanya memakai tabungan saat menjalani travel. Karena tujuan travel adalah menghilangkan stress dan beban pekerjaan, bukan menambahnya.

Ajak Seluruh Keluarga Untuk Ikut Menabung juga

Mengajak seluruh anggota keluarga untuk menabung dimaksudkan agar memicu semangat bersama. Karena manfaatnya akan dirasakan bersama-sama, maka tidak ada salahnya apabila berjuang bersama dengan menabung. Selain itu, menabung bersama juga mempercepat terkumpulnya biaya yang dibutuhkan untuk pergi travel.

Bagi anak-anak, ini berguna untuk mendisiplinkan mereka. Mereka akan mengerti bahwa diperlukan perjuangan, usaha keras, serta ketekunan untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Anggota keluarga juga akan terbiasa lebih berhemat. Diperlukan kesadaran seluruh anggota untuk berhemat agar lebih banyak menabung.

Rencanakan Pembelanjaan Bulanan Sebagai Bentuk Menabung Untuk Travel

Merencanakan anggaran keperluan bulanan sangat penting, jangan sampai untuk membeli keperluan, Anda mengeluarkan biaya yang tidak perlu. Apabila Anda sudah memiliki rencana anggaran, maka sudah pasti pengeluaran tiap bulannya akan terkontrol. Anggaran yang dibuat untuk perbulannya juga jangan sampai terlalu besar ataupun kecil.

Belajar membuat anggaran pembelanjaan bulanan juga akan membuat keadaan ekonomi Anda lebih stabil. Apabila Anda membawa uang cash yang banyak saat berbelanja tanpa membuat anggaran, akhirnya banyak biaya yang terbuang. Merancang anggaran juga membuat Anda akan terbiasa untuk hemat agar rencana keuangan yang Anda buat bisa terlaksana.

Beberapa tips di atas memang efektif untuk mewujudkan keinginan Anda pergi travel keluar negeri. Pada dasarnya, cara-cara diatas memerlukan konsistensi dan disiplin saat mengerjakannya. Apabila terputus di tengah jalan, Anda harus memulainya lagi dari awal. Untuk itu, sangat diperlukan konsistensi dalam mengerjakan tips di atas.

Travel bersama keluarga memang menjadi momen bahagia bagi Anda. Jangan sampai momen itu dirusak karena setelah berlibur Anda malah terbebani oleh hutang karena kredit. Diperlukan kesadaran Anda serta keluarga, agar bisa tercapainya impian travel keluar negeri.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close