fbpx
FoodHealthProductivity

8 Makanan Pembangkit Semangat

8 Makanan Pembangkit Semangat – Makan merupakan salah satu aktifitas yang tidak boleh terlewat, dan beberapa jenis kuliner dapat memberikan efek membangkitkan semangat untuk Anda menjalani hari. Seperti saat Anda sarapan dengan makanan kesukaan, pasti semangat di hari itu akan muncul. Selain faktor ‘kesukaan’, berbagai kandungan didalam makanan juga dapat berdampak pada tubuh dan juga mental Anda.

Mengalami hari yang berat karena pekerjaan? Atau sedang bersedih karena suatu hal? mengkonsumsi beberapa makanan juga bisa mengubah mood Anda dalam waktu singkat. Selain memberikan energi untuk beraktifitas, makan juga bisa memperbaiki kondisi mental Anda. Saat lapar, pikiran cenderung tidak fokus, dan ini sering menyebabkan pekerjaan terbengkalai. Untuk itu, memiliki pola makan yang baik juga diperlukan dalam meraih karir cemerlang.

Si Hitam Manis Penghilang Gundah

Ia adalah coklat. Bukan hanya anak kecil saja yang menyukai makanan satu ini, orang dewasa juga gemar menikmatinya. Coklat memang kaya dengan antioksidan serta magnesium yang membantu kinerja otot agar lebih rileks. Apalagi jika Anda menikmati dark chocolate dengan kandungan kokoa lebih dari 60% tentu efeknya akan sangat baik bagi mood saat berkerja.

Sedangkan bagi para wanita yang sering mengalami ketidakstabilan emosi akibat siklus menstruasi, memakan coklat bisa mengurangi efeknya. Agar Anda bisa lebih rileks dan semangat menjalani pekerjaan, cobalah untuk mengkonsumsi coklat tiga hingga empat kali dalam satu minggu. Memperbaiki mood sangat penting untuk Anda yang berkerja dalam tekanan, serta agar selalu menciptakan pemikiran yang positif.

Kacang, Si Kecil Penuh Manfaat

Camilan satu ini memang bisa disajikan didalam berbagai makanan. Bahkan, bisa dikombinasikan dengan cokelat. Perannya sangat penting untuk pembangkit semangat Anda. Di dalam kacang terkandung mineral, protein, serta antioksidan yang tinggi. Vittamin E di dalam kacang juga baik untuk kulit Anda. Bagi para wanita, kacang bisa menjadi salah satu panganan kecantikan wajahnya.

Selain itu, kacang memiliki minyak Omega-3 untuk meningkatkan aliran darah menuju otak, sehingga otak Anda akan berkerja dengan maksimal. Jadi, sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan dalam kadar yang cukup agar mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Antioksidan kacang juga dapat mengusir rasa lelah sehabis berkerja.

Kopi, Dengan Sejuta Manfaatnya

Mengonsumsi kopi sebelum berkerja sudah menjadi hal yang biasa, karena manfaat dari kafein yang baik untuk tubuh. Tapi, yang harus diingat adalah jumlahnya jangan berlebihan. Apabila berlebihan, kafein justru mendatangkan penyakit seperti maag. Berbagai penelitian membuktikan, bahwa orang yang sering mengkonsumsi kopi lebih banyak menghasilkan hormon dopamine dan serotonin.

Kedua hormon ini berperan penting agar mood Anda selalu baik. Kopi juga membuat peminumnya selalu berpikir positif karena dorongan dari dopamine dan serotonin. Waktu paling baik untuk mengkonsumsi minuman ini adalah mulai dari pukul sepuluh siang. Meminum kopi pada malam hari tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan insomnia.

Yoghurt, Asam Penuh Nutrisi

Olahan susu, yoghurt, adalah salah satu makanan pemberi semangat yang baik. Asam amino esensial triptofan didalam yoghurt sangat baik bagi tubuh Anda, karena ia merangsang hormon seretonin sebagai pemicu rasa bahagia didalam diri. Mengkonsumsi yoghurt dikala sedang penat merupakan pilihan yang baik karena asam amino didalamnya dapat langsung berdampak kepada otak Anda, dan langsung bisa dirasakan.

Pengujian pada beberapa yoghurt ternyata membuahkan hasil positif lainnya, seperti yang dilakukan universitas Toronto. Ternyata di dapatkan bakteri Lactobasilus casei dibeberapa jenis yoghurt. Peran bakteri baik ini di dalam tubuh adalah untuk mengusir rasa cemas. Bagi Anda yang sering mengalami kecemasan, menikmati yoghurt bisa menjadi solusi terbaik.

Telur, Makanan Seluruh Orang

Telur memang merupakan salah satu sumber protein yang murah dan terjangkau. Kalori yang terkandung di dalam telur juga terbilang tinggi, agar saat beraktifitas Anda selalu fit dan bersemangat. Panganan berbahan dasar telur sangat baik dikonsumsi untuk membentuk otot agar daya tahan tubuh lebih kuat untuk menjalani tuntutan pekerjaan.

Vitamin D didalam telur ternyata bisa menjadi meningkatkan daya tahan tubuh, ia menjaga Anda dari serangan batuk, flu, dan demam. Vitamin D juga memiliki fungsi mengurangi berat badan bagi Anda yang ingin diet. Selain memperbaiki keadaan mood Anda yang rusak, ternyata telur juga memiliki banyak manfaat. Selain harganya yang murah, untuk mengolah telur juga sangat gampang dilakukan.

Bayam, Favorit Popeye si Pelaut

Pernah menyaksikan animasi popeye? Ia memakan bayam lalu berubah menjadi sangat kuat. Sebenarnya, dampak dari mengkonsumsi bayam memang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk meningkatkan fokus Anda. Orang-orang sering mengira mengkonsumsi bayam hanya untuk menambah sel darah merah, padahal masih banyak lagi manfaat darinya.

Asam folat di dalam bayam mampu mengurangi kadar homocysteine, zat ini sangat berbahaya, karena dapat memotong suplai energi dari darah ke otak. Mengonsumsi bayam setiap hari sangat dianjurkan agar terhindar dari penyakit inersia. Penyakit ini sering dikaitkan dengan kehilangan memori dalam otak atau lebih dikenal sebagai pikun.

Air Kelapa, Manis Dan Kaya Manfaat

Hampir seluruh dunia mengakui kehebatan dari air kelapa. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berkerja paling keras, nutrisi dalam air kelapa bisa membantu kinerjanya agar tetap sehat. Kandungan antioksidan tinggi di dalam air kelapa mampu menjadi penawar berbagai racun dalam tubuh. Mengkonsumsi air kelapa muda merupakan salah satu metode pembangkit semangat yang ampuh.

Setiap wanita pasti menginginkan kulit yang cantik dan mulus. Faktanya, tidak perlu perawatan mahal untuk mendapatkannya. Air kelapa memiliki senyawa yang dapat membentuk kolagen didalam kulit. Sehingga setelah meminum air kelapa secara rutin, kulit Anda akan terasa lebih halus karena dampak dari senyawa ini.

Berbagai Macam Beri Menjadi Makanan Pembangkit Semangat

Strawberry, blackberry, dan blueberry adalah buah-buahan yang ideal untuk Anda konsumsi. Dalam beri banyak terkandung anthocyanidin, zat ini berguna untuk mengurangi depresi. Menikmati beri bisa Anda kombinasikan dengan coklat ataupun yoghurt agar lebih memberikan efek positif didalam tubuh Anda. Walaupun harga pasaran dari buah ini memang masih tinggi, tapi dampak dari mengkonsumsinya juga sebanding dengan harganya.

Mengkonsumsi berbagai makanan d iatas memang baik, tapi jangan sampai berlebihan. Karena efek yang diberikan akan buruk. Selalu perhatikan juga kecocokan Anda saat mengkonsumsi makanan, karena ada beberapa orang yang memang memliki alergi terhadap panganan diatas. Mengkonsumsi 8 makanan diatas dipercaya dapat meningkatkan semangat Anda saat beraktifitas.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang baik bagi tubuh Anda, khususnya sayur-sayuran. Tapi kedelapan makanan di atas sudah cukup mewakilan semuanya, serta dapat Anda konsumsi untuk memperbaiki mood. Stress dan depresi akan sangat mudah diatasi dengan menikmati berbagai makanan seperti di atas. Sekarang Anda sudah tidak usah khawatir lagi apabila terserang stress ataupun cemas, tinggal mengkonsumsi salah satu makanan seperti di atas saja.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button