fbpx
Artikel

6 Bagian Dalam Sistematika Penulisan Artikel Tentang Media Pembelajaran

Artikel tentang media pembelajaran adalah artikel yang fungsinya untuk menggali bagaimana hasil penelitian tentang keefektifan suatu media pembelajaran. Siapa saja yang pertama kali akan membuatnya pasti membutuhkan bagaimana cara membuatnya.

Sebenarnya tak sulit untuk menyusun artikel ini, karena memang susunan atau sistematikanya tidak asing. Bahkan, wujud dari artikel tentang media pembelajaran bisa dikatakan mirip dengan makalah umum.

Kata ‘artikel’ memang menginterpretasikan suatu tulisan yang panjangnya jarang akan berlembar-lembar. Yang namanya artikel biasanya dibuat mulai dari 200 sampai 2000 kata saja. Boleh saja mencapai 5000 kata, namun akan sangat jarang.

Artikel media pembelajaran mungkin Anda kira sebagai tulisan sepanjang satu atau dua lembar saja, namun ternyata bukan seperti itu. Mulai saat ini juga Anda sudah sedikit lebih mengerti tentang artikel ini, yaitu bukanlah sebuah tulisan sepanjang itu saja dan membahas langsung suatu media pembelajaran saja.

Artikel Tentang Media Pembelajaran
Pembahasan Artikel Tentang Media Pembelajaran

Tadi telah disebut bahwa artikel ini bisa dikatakan mirip dengan makalah. Sebab panjang tulisan dari keduanya hampir sama, malahan sistematika penulisannya pun juga sama. Supaya Anda bisa segera menyusun atau membuat artikel tentang media pembelajaran, akan dibahas bagaimana sistematika penulisannya.

Sistematika Penulisan Artikel Tentang Media Pembelajaran

Langsung saja, berikut adalah sistematika atau urutan pembuatan artikel tentang media pembelajaran.

1. Bagian Awal

Di bagian awal ini apa yang harus dibuat adalah sampul atau cover serta beberapa info yang penting sebelum isi. Apa yang diberikan di bagian cover antara lain judul dari media pembelajaran yang akan dibahas, logo instansi, nama, informasi prodi dan jurusan (jika ditulis oleh mahasiswa), nama universitas, dan tahun pembuatan. Jangan lupa untuk mencantumkan tulisan ‘Artikel’ di bagian atas, yaitu sebelum judul.

Sebelum masuk ke bagian isi, masih ada info-info lain yang harus ditulis di sana. Apa yang harus ada setelah sampul atau cover adalah abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar istilah, daftar tabel, serta daftar lampiran.

Memulai Artikel Tentang Media Pembelajaran
Memulai Artikel Tentang Media Pembelajaran

Masing-masing harus dibuat per lembar. Maksudnya adalah jika abstrak selesai dimasukkan kesana, maka Anda harus menambahkan lembaran baru untuk mengisi dengan bagian lain. Begitu juga dengan kata pengantar yang biasanya membutuhkan dua lembar, pada lembar kedua kata pengantar jika sudah selesai maka ganti lembar baru untuk melanjutkannya.

Daftar-daftar seperti daftar isi, daftar gambar, dan daftar lainnya di bagian awal ini memang hanya bisa dibuat terakhir. Sebab jika artikel tentang media pembelajaran belum selesai maka belum bisa diketahui per halaman berapa bagian-bagian di dalamnya.

Anda tetap bisa membuat daftar-daftar ini terakhir, hanya saja sistematika penulisan artikel tentang media pembelajaran memang memiliki bagian pembuka yang berisi daftar-daftar.

2. Bagian Isi: BAB 1

Setelah membuat bagian pembuka, selanjutnya adalah untuk membuat BAB 1. Di bagian BAB 1 apa yang harus ditulis adalah latar belakang, rumusan, masalah, tujuan, manfaat, dan penegasan istilah.

Di bagian latar belakang Anda diberi kesempatan untuk menjelaskan apa yang membuat media pembelajaran yang akan dibahas tercipta. Ada masalah apa yang terjadi sehingga media pembelajaran yang akan dibahas perlu untuk dibuat dan diaplikasikan. Tidak masalah jika di bagian latar belakang ini Anda memberikan banyak hal. Karena justru semakin jelas pula mengapa media pembelajaran yang akan dibahas ada.

Kemudian masuk ke rumusan masalah, sama seperti namanya. Di sini yang harus ditulis adalah masalah yang menjadikan alasan mengapa media pembelajaran diciptakan. Mungkin kedengarannya akan sama dengan latar belakang, namun tetap ada perbedaan antara keduanya. Jika latar belakang membahas suatu alasan mengapa media pembelajaran diciptakan secara lengkap, maka di bagian rumusan masalah ini yang dibahas sangatlah singkat. Istilahnya, harus to the point.

Artikel Tentang Media Pembelajaran
Bagian Isi Artikel Tentang Media Pembelajaran

Sama halnya dengan tujuan dan manfaat, menulis tujuan pembuatan media pembelajaran yang akan dibahas, juga bahas apa manfaat media pembelajaran tersebut. Penegasan istilah juga harus ada karena bisa jadi artikel tentang media pembelajaran ini dipresentasikan di depan orang awam atau di depan orang berlatar belakang linier atau yang terbiasa membuat tulisan tentang pendidikan namun tak satu bidang kekhususan dengan Anda.

3. Bagian Isi: BAB 2

Di BAB 2 akan ada landasan teori dan kerangka berpikir. Seperti teori pada tulisan atau laporan umumnya, di sana harus ada materi yang berasal dari skripsi, karya ilmiah, tesis, jurnal, atau sumber kredibel lain tentang media pembelajaran yang dibuat.

Di bagian kerangka berpikir Anda diberi kesempatan untuk mengutarakan hubungan antara teori-teori yang sudah ada dengan produk media pembelajaran yang telah dibuat dan akan dibahas.

4. Bagian Isi: BAB 3

Metode pembuatan media pembelajaran akan dibahas di bagian BAB 3. Di sana Anda bisa menulis bagaimana media pembelajaran tersebut dibuat, kapan dibuatnya, bagaimana pengaplikasiannya, dan serba-serbi lainnya tentang metode media pembelajaran dibuat.

5. Bagian Isi: BAB 4

Di bagian BAB 4 ini apa yang harus ditulis adalah hasil pembuatan media pembelajaran dan bagaimana pembahasannya. Ya, mungkin saja media pembelajaran yang telah diaplikasikan memberi masalah. Atau mungkin haru ada yang dibenahi dari media pembelajaran tersebut supaya lebih sempurna. Di bagian ini lah Anda bisa membahas hal-hal tersebut.

6. Bagian Akhir

Kesimpulan dan saran ditulis pada bagian ini. Setelah mengaplikasikan media pembelajaran yang dibahas, mungkin saja Anda memiliki saran untuk orang lain yang juga akan membuatnya atau mengaplikasikannya. Jika memang ada, saran tersebut dimasukkan pada bagian ini.

Kesimpulan  juga harus ada di sana, karena pastinya dalam membuat dan mengaplikasikan media pembelajaran akan diketahui apakah media tersebut efektif atau tidak.

Perbedaan Artikel Tentang Media Pembelajaran Dengan Makalah

Dua kali di bagian atas disebutkan bahwa artikel tentang media pembelajaran sering dikira sama dengan makalah. Keduanya benar-benar tulisan yang berbeda. Keduanya memang suatu laporan, sistematika penyusunannya pun juga hampir sama, namun tetap ada perbedaan dari keduanya. Makalah membahas sesuatu yang sifatnya umum, sedangkan artikel media pembelajaran hanya membahas media pembelajaran.

Supaya Anda lebih paham perbedaan keduanya, simak tabel perbedaan berikut.

MakalahArtikel Media Pembelajaran
Membahas suatu topik umumMembahas suatu media pembelajaran
Bisa dibuat oleh siapa sajaHanya dibuat oleh mereka yang terjun di dunia kependidikan (mahasiswa jurusan kependidikan, guru, dosen)
Dipresentasikan pada diskusi atau seminar umumDipresentasikan pada diskusi atau seminar pendidikan
Ada 3 jenis (deduktif, induktif, dan campuran)Hanya ada 1 jenis saja
Bertujuan untuk menganalisis masalah, penelitian, dan memberikan solusinyaBertujuan untuk mengenalkan atau mempublikasikan suatu media pembelajaran
Perbandingan Artikel Tentang Media Pembelajaran dan Makalah

Bagaimana cara membuat artikel tentang media pembelajaran sudah Anda ketahui. Artikel ini dibuat dengan menyusun bagian pembuka, isi, dan penutup. Di dalamnya juga ada bagian-bagian yang memberikan penjelasan lebih lengkap tentang media pembelajaran itu sendiri. Apa yang membuatnya berbeda dengan tulisan lain seperti makalah juga sudah Anda pahami. (SR)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button