fbpx
Artikel

5 Definisi Landasan dan Hakikat Pendidikan di Indonesia

Definisi landasan dan hakikat pendidikan di Indonesia dapat dipahami melalui proses yang terjadi selama perencanaan dan pembelajaran berlangsung. Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu proses yang berlangsung selama suatu waktu dengan tujuan untuk memperoleh hal yang lebih baik.

Definisi Pendidikan Menurut Beberapa Ahli

Hal yang diperoleh selama pendidikan ini dapat berupa pengetahuan dan keterampilan. Pengetahuan yang luas dapat membuat seseorang memiliki keterampilan hidup atau moral yang lebih baik. Itulah mengapa pendidikan juga didefinisikan sebagai suatu proses untuk memanusiakan manusia. Menurut beberapa ahli, pendidikan didefinisikan sebagai berikut ini.

John Dewey

Pendidikan merupakan suatu proses untuk membentuk berbagai kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional untuk menuju ke arah alam dan sesama manusia.

Rousseau

Pendidikan adalah sesuatu yang memberikan kita perbekalan yang tidak ada ketika masa anak-anak, namun justru kita butuhkan pada saat dewasa.

SA. Branata dkk

Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan dengan sengaja, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan untuk membantu anak dalam perkembangannya mencapai kedewasaannya.

Langeveld

Pendidikan adalah proses mempengaruhi anak dalam usaha membimbingnya supaya menjadi dewasa. Usaha membimbing ini merupakan sebuah usaha yang dilakukan dengan sadar dan sengaja antara anak (orang yang belum dewasa) dengan orang dewasa.

Ki Hajar Dewantara

Pendidikan merupakan sebuah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak yang berarti pendidikan harus bisa menuntun segala kodrat yang ada pada diri anak, agar sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Definisi Pendidikan Sebagai Sumber Kebahagiaan
Definisi Pendidikan Sebagai Sumber Kebahagiaan

Dari beberapa definisi tersebut, pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah usaha sadar yang dikembangkan untuk memperoleh kepribadian dan kemampuan hidup yang berlangsung di dalam dan di luar sekolah selama seumur hidup. Pendidikan berhak dan bisa diperoleh siapapun tanpa memandang usia mulai dari anak-anak hingga tua.

Banyak para orang tua atau dewasa yang tetap berusaha mengejar pendidikan untuk kebaikan hidupnya. Pendidikan ini bukan hanya dipahami sebagai sesuatu yang diperoleh ketika di lembaga pendidikan, namun lebih jauh dari itu. Pendidikan bisa didapatkan dari mana saja. Mulai dari lingkungan, kehidupan, sesama manusia, hingga alam semesta.

Definisi Landasan dan Hakikat Pendidikan di Indonesia

Landasan pendidikan merupakan suatu dasar yang dijadikan batu pijakan untuk menentukan bagaimana pendidikan itu sendiri berlangsung. Tanpa adanya landasan yang kuat, sebuah pendidikan akan kehilangan arah dan tujuan.

Landasan Pendidikan di Indonesia yang Kuat Sejak Usia Dini
Landasan Pendidikan di Indonesia yang Kuat Sejak Usia Dini

Landasan yang biasa disebut dengan dasar menjadi sesuatu yang mutlak harus ada dalam dunia pendidikan. Dasar pendidikan ini membentuk proses pendidikan menjadi proses yang diatur menjadi sedemikian rupa untuk meraih tujuan yang ingin dicapai.

Pemahaman tersebut membuat landasan pendidikan menjadi sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari suatu negara. Mengapa negara berpengaruh terhadap landasan atau dasar pendidikan? Tentu karena negara berhak mengatur atau menjamin setiap warganya untuk melangsungkan pendidikan.

Tanpa pendidikan yang memadai, suatu negara tak akan dapat menjadi negara mandiri. Menurut E. Mulyasa, pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa dan membangun karakter bangsa. Hal ini membuat pendidikan menjadi suatu penentu apakah suatu bangsa bisa bergerak maju atau tidak.

Mengingat betapa besarnya pengaruh pendidikan terhadap bangsa dan negara, maka landasan yang dipakai selalu sesuai dengan paham yang dianut oleh bangsa itu sendiri. Di Indonesia sendiri, landasan pendidikan bersumber dari Pancasila yang merupakan paradigma pembangunan bidang pendidikan terbaik dan sangat relevan dengan berbagai kondisi yang ada.

Pancasila menjadi dasar tertinggi setiap warga masyarakat untuk melakukan pendidikan yang sesuai dengan keadaannya. Bisa dikatakan bahwa pancasila dan pendidikan saling mendukung demi tercapainya cita-cita bangsa.

Selain berlandaskan Pancasila, pendidikan di Indonesia juga berdasarkan peraturan dalam UUD 1945 yang merupakan konstitusi tertinggi di Indonesia. Hal ini membuat pendidikan mempunyai kekuatan yang kuat dalam suatu negara.

Dalam pasal-pasal UUD 1945 tersebut dijelaskan bahwa setiap warga berhak untuk memperoleh pendidikan dan pemerintah wajib membiayai pendidikan warganya hingga 9 tahun. Landasan ini begitu kuat sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengenyam pendidikan.

Landasan Pendidikan di Indonesia

Secara umum, landasan atau dasar pendidikan di Indonesia ada dua, yaitu:

  • Membangun manusia Indonesia menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga berbudaya.
  • Membangun perkembangan spiritual, sikap dan nilai hidup, pengetahuan, keterampilan dan pengembangan saya estetik, serta pengembangan jasmani sehingga terwujud bangsa yang mampu membangun dirinya sendiri, membangun masyarakat serta mampu melestarikan alam sekitar.

Berlandaskan hal ini, pemerintah berupaya agar implementasi pendidikan dapat dilakukan dengan baik melalui peraturan yang termuat dalam undang-undang. Dengan adanya landasan dari undang-undang, warga akan merasa lebih terikat sehingga mau tidak mau harus mengenyam pendidikan. Setiap peraturan mengenai pendidikan yang ditetapkan bertujuan demi tercapainya tujuan nasional bangsa.

Definisi, Landasan dan Hakikat Pendidikan di Indonesia

Hakikat merupakan suatu intisari atau puncak tertinggi dari sesuatu. Pada dasarnya, hakikat pendidikan adalah memanusiakan manusia. Proses pendidikan yang ada mempunyai tujuan untuk menciptakan masyarakat beradab yang dapat mempertahankan kualitas hidupnya sehingga masyarakat tersebut tidak hilang jejaknya.

Landasan Pendidikan di Indonesia Hingga Perguruan Tinggi
Landasan Pendidikan di Indonesia Hingga Perguruan Tinggi

Hakikat pendidikan dipahami banyak orang dengan berbeda-beda. Namun pada intinya hakikat pendidikan hanya satu, yaitu menuju hidup yang lebih baik. Definisi landasan dan hakikat pendidikan di Indonesia.yang ada dalam pendidikan menurut berbagai ahli dapat dirangkum sebagai berikut:

  • Proses interaksi sesama manusia yang ditandai dengan keseimbangan antara kedaulatan peserta didik dengan pendidik
  • Usaha penyiapan peserta didik dalam menghadapi lingkungan yang mengalami perubahan yang semakin pesat dan tidak menentu
  • Meningkatkan kualitas berbagai lini kehidupan pribadi dan masyarakat
  • Berlangsung seumur hidup dengan menerapkan prinsip-prinsip ilmu yang ada.

Hakikat Pendidikan di Indonesia

Sedangkan hakikat pendidikan yang ada dalam tujuan pendidikan nasional Indonesia ada 2, yaitu:

  • Hubungan antara manusia dengan manusia
  • Hubungan antara manusia dengan alam

Di Indonesia sendiri, definisi landasan dan hakikat pendidikan di Indonesia. dapat dikatakan sebagai usaha mempertahankan keberlanjutan kehidupan fisik maupun budaya suatu bangsa. Usaha pertahanan ini dilakukan melalui hubungan dengan sesama manusia dan hubungan dengan alam.

Bangsa Indonesia bisa masih terus eksis sampai sekarang ini karena masih bisa mempertahankan kehidupan sosial budaya hingga akhir hayatnya. Itulah mengapa hakikat pendidikan merupakan sesuatu yang bisa dicapai seumur hidup. Hal ini juga dituangkan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia.

Secara ringkas, hakikat pendidikan Indonesia dapat dilihat dalam tabel berikut ini.

AspekHakikat
KemerdekaanMemerdekakan setiap warga dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat
Kodrat AlamMembiarkan setiap warga berkembang sesuai dengan kodratnya karena manusia tidak bisa lepas dari kuasa Tuhan
KebudayaanMenjadikan kebudayaan bangsa sendiri menjadi jati diri dan menganggap kebudayaan luar sebagai proses perkembangan zaman
KebangsaanMembina kesatuan bangsa dan menciptakan keserasian dengan bangsa lain
KemanusiaanMenjadikan manusia menjadi manusiawi sebagai makhluk Tuhan
Definisi landasan dan hakikat pendidikan di Indonesia.

Dari tabel tersebut dapat dilihat bahwa hakikat pendidikan di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari tujuan pendidikan nasional negara Indonesia sendiri. Meskipun ada banyak sekali hakikat pendidikan yang ada, namun hakikat pendidikan sebenarnya hanyalah memanusiakan manusia.

Tidak kurang dan tidak lebih. Karena tanpa menjadi manusia yang manusiawi, seseorang tidak akan bisa disebut sebagai manusia seutuhnya. Itulah arti dari definisi landasan dan hakikat pendidikan di Indonesia. (SR)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button