fbpx
Tekno

4 Cara Menonaktifkan WA Sementara, Lebih Lama, Atau Notifikasinya Saja

Selama ini mungkin Anda cukup terganggu dengan banyaknya notifikasi WhatsApp yang masuk. Karena notifikasi atau ping yang cukup mengganggu saat bukan waktu kerja, hal ini tentu membuat Anda harus tahu bagaimana cara menonaktifkan WA.

WA atau WhatsApp memang saat ini diandalkan sebagai aplikasi atau sosial media yang paling banyak digunakan orang. anda pun pasti setuju dengan pernyataan ini, sebab hampir semua pemilik smartphone pasti memiliki WhatsApp.

WhatsApp hadir sebagai sosial media yang mudah untuk digunakan. Untuk mendapatkannya pun bisa secara cuma-cuma, yaitu bisa dengan menginstall dari app store. Karena WA lebih banyak dipakai dari aplikasi lain, mungkin saja dalam menggunakan smartphone untuk keseharian Anda cukup terganggu. Bisa saja terganggu dengan notifikasinya atau hanya ingin rehat saja dari penggunaan smartphone berlebihan.

Cara menonaktifkan WA yang akan dibahas disini ada untuk menonaktifkan notifikasinya saja supaya tidak berisik, juga ada yang menonaktifkan WA secara keseluruhan. Untuk menonaktifkan WA secara keseluruhan berlaku untuk penonaktifan sementara. Sebab jika Anda ingin menonaktifkan secara permanen, Anda hanya perlu melakukan uninstall saja. Mudah bukan?

Cara Menonaktifkan WA Sementara dan Bisa Lebih Lama

Cara menonaktifkan WA yang sementara pun sebenarnya ada dua. Dua-duanya akan dibahas, yang akan dibahas sementara adalah menonaktifkan WA secara sementara yaitu dengan mematikan data WA saja. Dengan cara ini Anda tetap bisa menggunakan aplikasi lain yang membutuhkan akses internet, jadi jika selama ini Anda ingin rehat dari WA saja, maka cara ini bisa diandalkan. Berikut tata cara melakukannya.

1. Membuka Pengaturan Smartphone

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah untuk masuk ke pengaturan smartphone atau handphone. Ingat, pengaturan smartphone yang umum, bukan masuk ke aplikasi WhatsApp lalu masuk ke pengaturan.

4 Cara Menonaktifkan WA Sementara, Lebih Lama, Atau Notifikasinya Saja Image 002
Langkah Pertama Cara Menonaktifkan WA Sementara dan Bisa Lebih Lama

Pengaturan smartphone bisa terletak di mana saja tergantung pengaturan yang telah Anda lakukan sendiri atau tergantung smartphone nya.

2. Membuka Sub Menu Aplikasi

Setelah masuk ke pengaturan smartphone, Anda akan melihat banyak sekali sub-sub menu dengan fungsi pengaturan masing-masing. Karena kali ini Anda akan memberikan pengaturan pada WhatsApp, maka cari sub menu bertuliskan Aplikasi atau Application atau Apps  jika dalam bahasa Inggris.

Bisa saja sub menu ini tidak memiliki nama demikian, namun intinya di sini Anda harus masuk ke sub menu yang isinya daftar aplikasi yang terpasang di smartphone.

3. Mencari Aplikasi WhatsApp

Jika sudah masuk ke sub menu yang berisi aplikasi-aplikasi, maka cari aplikasi WhatsApp di sana. Biasanya WhatsApp akan terletak di bagian bawah-bawah, karena mayoritas smartphone akan mengurutkannya secara abjad. Jika sudah ketemu WhatsApp, maka masuk ke sana.

4. Memilih Opsi Force Stop Atau Paksa Berhenti

Setelah masuk ke menu aplikasi WhatsApp, Anda akan melihat banyak pengaturan di sana. Mayoritas smartphone akan menampilkan dua opsi utama yang diletakkan di bagian atas, yaitu opsi Uninstall dan Force Stop.

Opsi Uninstal dipilih jika Anda ingin menonaktifkan WhatsApp untuk selamanya dan data-data yang ada di dalamnya akan hilang. Sedangkan Force Stop akan membuat WhatsApp terhenti dan tidak akan lagi bekerja dengan akses internet.

Jika aplikasi tidak mendapat akses internet maka sama saja aplikasi tersebut telah dinonaktifkan. Setelah mengklik opsi Force Stop mungkin Anda akan diberi pilihan, apakah memilih Cancel atau Force Stop, kali ini opsi yang dipilih tetaplah Force Stop.

Hanya begitu saja cara menonaktifkan WA secara semnetara. Setelahnya Anda bisa membuktikan sendiri apakah masih ada chat, notifikasi, atau panggilan yang masuk melalui WhatsApp. Seharusnya sudah tidak ada lagi notifikasi apapun yang masuk, sebab memang untuk menonaktifkan WhatsApp caranya begini.

Cara Menonaktifkan WA Sementara

Cara di atas akan membuat WhatsApp Anda dinonaktifkan sehingga Anda tidak akan lagi terganggu dengan WhatsApp. Cara yang akan dibahas ini adalah cara menonaktifkan WA namun untuk waktu yang singkat saja. Cara ini biasa dibutuhkan ketika seseorang sedang mengendarai kendaraan dan ingin bisa fokus, sedang belajar, atau mungkin sedang mengikuti ujian.

Cara menonaktifkan WA yang bisa dilakukan tentu saja lebih sederhana dibanding cara sebelumnya, sekalipun cara sebelumnya pun sebenarnya sederhana. Dengan melakukan cara ini, Anda tidak akan bisa menggunakan aplikasi lain yang juga membutuhkan akses internet. Karenanya, judul dari prosedur ini adalah untuk menonaktifkan WhatsApp sementara saja.

4 Cara Menonaktifkan WA Sementara, Lebih Lama, Atau Notifikasinya Saja Image 004
Cara Menonaktifkan WA Sementara

Apa yang harus Anda lakukan adalah untuk mematikan akses internet atau paket data. Cara melakukannya bisa langsung masuk ke bar menu yang ada di bagian atas, atau masuk pengaturan smartphone. Cara termudah biasa dipilih, Anda hanya perlu membuka bar yang ada di bagian atas layar dan mematikan ikon Mobil Data atau Internet. Kalau Anda selama ini aktif menggunakan WiFi, maka matikan WiFi.

Langkah Mudah Menonaktifkan Notifikasi Semua Aplikasi

Sama halnya jika melalui pengaturan, Anda akan masuk ke menu Connection atau Koneksi, kemudian masuk ke menu Mobile Networks, dan atur sampai internet mati. Bisa disetujui bahwa jika cara ini dilakukan maka tak hanya WhatsApp saja yang ternonaktifkan, melainkan aplikasi lainnya juga. Maka dari itu, cara yang super sederhana ini bisa dibutuhkan untuk menonaktifkan aplikasi smartphone supaya pemiliknya bisa lebih fokus.

4 Cara Menonaktifkan WA Sementara, Lebih Lama, Atau Notifikasinya Saja Image 006
Cara Menonaktifkan WA Dengan Menonaktifkannya

Jika Anda kurang pas dengan cara ini atau masih membutuhkan akses internet, maka lakukan saja cara yang sebelumnya. Cara yang hanya akan membuat WhatsApp saja yang ternonaktifkan. Namun jika Anda benar-benar sedang terburu-buru dan harus sesegera mungkin menonaktifkan WA, cara ini bisa dipilih.

Tak ada lagi gangguan notifikasi yang terlalu banyak atau gangguan dari pesan masuk yang sebenarnya tidak ingin Anda gubris, selamat mencoba! (SR)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button