fbpx
How ToTekno

2 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Mudah

Saat ini, hal yang sedang trend adalah pendaftaran CPNS. Ya, tahun ini pemerintah memang membuka lagi pendaftaran CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil. Rekrutmen ini memang selalu dinanti- nanti oleh masyarakat Indonesia.

Untuk melakukan pendaftaran, calon pelamar diharuskan untuk membuat akun dan mengunggah berbagai dokumen sebagai syaratnya, dan dokumen-dokumen tersebut juga memiliki syarat tertentu untuk bisa diunggah.

Dokumen-dokumen yang harus diunggah antara lain adalah scan dari KTP, ijazah, akreditasi dan juga foto. Untuk dapat menggunggah dokumen-dokumen tersebut, format serta ukuran file pada dokumen tersebut haruslah sesuai dengan permintaan pada laman pendaftaran.

Salah satu yang harus memiliki ukuran file yang sesuai adalah pas foto. Biasanya jika kita mengambil foto melalui Handphone, foto tersebut akan menjadi terlalu besar, untuk mengecilkannya menggunakan beberapa cara. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto:

Cara mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi

Kita dapat mengecilkan ukuran foto melalui berbagai cara. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi yang telah di desain untuk mengedit foto, dengan salah satunya fiturnya untuk memperkecil ukuran suatu foto. Diantara aplikasi tersebut adalah :

RIOT

RIOT adalah suatu aplikasi free image optimizer yang bisa anda gunakan untuk mengecilkan ukuran foto. Melalui aplikasi ini, anda bisa melihat terlebih dahulu perbandingan antara foto yang telah selesai di edit dengan yang belumnya sehingga anda bisa memutuskan apakah foto anda sudah sesuai dengan yang anda inginkan.

Software ini juga terbilang ringan dan mudah digunakan. Anda bahkan bisa mengatur kompresi, warna, serta pengaturan metadata. Anda juga dimungkinkan untuk memilih JPG, GIF, atau PNG untuk file outputnya.

Cara menggunakan aplikasi RIOT:

  • Download dan Instal RIOT (2MB)
  • Buka aplikasi RIOT
  • Klik “Open” untuk memilih foto yang akan diubah ukurannya
  • Pilih format ingin compress menjadi JPEG, PNG, atau GIF
  • Sesuaikan kualitas yang diinginkan atau membiarkannya default
  • Yang terakhir Save foto yang sudah di kompres

Photoshop

Photoshop memag aplikasi paling umum digunakan dan sudah banyak yang mengetahui fungsinya. Melalui aplikasi ini, anda bisa mengecilkan ukuran foto yang terlalu besar. Berikut adalah langkah yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan ukuran foto:

Cara menggunakan Photoshop

  • Buka foto yang ingin di edit dengan cara pilih Open pada menu File
  • Setelah foto sudah tampil silahkan save foto tersebut dengan klik File > Save as >
    Format yang dipilih yaitu JPEG lalu klik Ok.
  • Pada window JPEG Options harus merubah beberapa settingan, pilih low pada opsi quality kemudian klik Ok.

Paint

jika anda salah satu orang yang menyukai hal yang simple, anda bisa menggunakan aplikas yang lebih sederhana untuk mengedit foto anda. dengan menggunakan Paint, anda bisa mengedit foto anda, temasuk mengecilkan ukuran foto. Dibawah ini adalah langkah – langkah yang bisa anda lakukan:

Cara menggunakan Paint

  • Sebelum melakukan editing foto, siapkan terlebih dahulu foto yang ingin dikecilkan ukurannya, lalu buka program Paint.
  • Buka foto yang akan anda edit melalui Paint dengan cara menekan tombol CTRL+O, kemudian pilih menu Resize
  • Selanjutnya, akan muncul box Resize dan Skew, silakan pilih pixel yang diinginkan dan klik Ok
  • Langkah terakhir tekan tombol CTRL+S untuk menyimpan foto yang telah diubah ukurannya.

Photo Compress 2.0

Selanjutnya, untuk mengecilkan ukuran foto anda juga bisa menggunakan aplikasi Photo Compress 2.0 yang bisa anda dapatkan di Playstore. Berikut adalah langkah – langkah yang bisa anda lakukan dalam menggunakan photo compress 2.0 sebagai cara mengecilkan ukuran foto:

Cara menggunakan Photo Compress 2.0

  • Download dan Instal aplikasi di HP
  • Jika telah terinstal, buka aplikasi Photo Compress 2.0
  • Selanjutnya akan muncul dua opsi yaitu menampilkan gambar dari galeri atau kamera.
  • selanjutnya pilih foto yang akan anda kompres atau kecilkan ukurannya, setelah itu lakukan proses kompres dengan memilih “Custom Compress” atau “Quick Compress”
    Custom Compress adalah proses kompres mengatur sendiri
    Quick Compress adalah proses kompres dengan settingan bawaan
  • Untuk lebih mudah kita menggunakan Quick Compress.
  • Klik Quick Compress Setelah proses selesai, akan muncul dua opsi untuk save yaitu Replace & Exit dan Exit selanjutnya, dengan menekannya menyimpan foto dan menggantikan foto yang asli
  • jika hanya mengklik Exit foto, maka foto akan tersimpan tanpa menggantikan foto yang asli.

Microsoft Office Picture Manager

jika anda tidak mau repot mendownload dan menginstal aplikasi pada laptop, PC, maupun smart phone anda, anda bisa menggunakann Microsoft Office Picture. Anda  bisa dengan mudah mengecilkan ukuran foto yang ingin di kompres melalui aplikasi bawaan office ini.

Cara menggunakan Microsoft Office Picture Manager

  • Pertama, Klik kanan pada foto yang ingin dikecilkan ukurannya
  • Selanjutnya arahkan mouse ke Open With dan Pilih Microsoft Office Picture Manager
  • Jika sudah bisa terbuka, selanjutnya klik Picture lalu pilih Resize
  • Pada sebelah kanan layar anda bisa pilih ukuran yang ingin digunakan.
  • Selanjutnya, klik Ok dan simpan gambar dengan menekan tombol CTRL+S di keyboard.

Cara mengecilkan ukuran foto secara online

Selanjutnya, mengecilkan foto secara online juga bisa dilakukan secara mudah. Cara ini bisa digunakan melalui PC maupun ponsel. Salah satu situs online yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto adalah https://imagecompressor.com/id/.

Untuk menggunakannya,  pertama yang harus anda lakukan adalah buka situs https://imagecompressor.com/id/ lewat browser pilihan. Klik opsi Unggah File yang muncul di tengah layar, kemudian pilih foto yang ingin dikecilkan. Anda juga bisa melakukan drag-and-drop foto langsung dari file manager anda ke browser.

Pada situs ini, anda bisa mengompres atau mengecilkan  ukuran foto hingga 20 foto sekaligus. Foto yang sudah kalian pilih akan otomatis diunggah dan dikompres. Setelah seluruh proses compress ini selesai, kalian bisa langsung mengunduh foto yang sudah dikompres. Namun, jika anda merasa ukurannya masih tidak sesuai keinginan, kalian bisa scroll ke bawah dan mengubah level kompresinya. Anda bisa merubah level kompresinya dengan melakukan scroll ke bawah.

Anda akan melihat dua versi foto, sebelum dikompres dan yang sudah untuk dibandingkan. Di sebelahnya terlihat slider indikator kualitas foto yang bisa anda sesuaikan sesuai kebutuhan dan kinginan anda. Jika semua sudah sesuai, maka anda bisa mengunduhnya dan menyimpannya.

Demikian adalah berbagai cara untuk mengecilkan ukuran foto, baik secara offline melalui aplikasi maupun secara online. Secara online, anda juga bisa melakukannya melalui berbagai situs compress foto yang mudah yang bisa anda pilih.

Anda bisa juga menggunakan keduanya jika memang hanya dengan aplikasi online kurang memuaskan. Misalnya, anda bisa menggunakan aplikasi offline terlebih dahulu, kemudian memperbaikinya melalui situs online, ataupun sebaliknya. Sehingga foto anda akan lebih sesuai dengan yang anda inginkan. (TA)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close