fbpx
Travel

10 Cara Mengabadikan Momen Saat Liburan

Liburan tanpa foto kenangan ibarat sayur tanpa garam. Sebab lewat foto-foto yang mengabadikan momen saat liburan itulah, situasi dan suasana di tempat saat kita membidik objek lewat lensa kamera akan hadir kembali dalam ruang imajinasi kita atau siapapun yang melihatnya. Sehingga foto kenangan dapat diibaratkan sebagai prasasti untuk mengabadikan sisi perjalanan hidup yang pernah kita lalui, dan sisi tersebut adalah momen liburan.

Agar dapat menjadi prasasti yang indah, tentunya foto-foto yang dihasilkan harus memiliki unsur seni, sehingga menarik untuk dilihat, tidak saja oleh diri kita sendiri, tapi juga orang lain. Bukan sebagai foto narsis yang hanya menjadikan tempat liburan sekedar sebagai latar belakang dari potret diri.

Untuk dapat mengabadikan momen saat liburan lewat lensa kamera dengan hasil istimewa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pembaca Kumkel.com, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Gunakan kamera yang bagus

Kualitas kamera sangat mempengaruhi hasil gambar yang dibidik. Semakin tinggi resolusi yang dimiliki sebuah kamera, akan semakin banyak pula pixel warna yang bisa diabadikan. Apalagi jika kamera tersebut memiliki beragam fitur pendukung sebagaimana yang terdapat pada kamera DSLR, akan membuat gambar yang terekam oleh kamera terkadang lebih indah dari aslinya.

Lengkapi Fasilitas Pendukung Kamera

Semakin lengkap fasilitas pendukung kamera, akan membuat kita semakin leluasa dalam mengabadikan momen saat liburan. Fasilitas pendukung kamera yang paling urgen diantaranya adalah: baterai cadangan, memory card, dan aksesoris kamera.

Membawa baterai cadangan sangat dibutuhkan, agar setiap momen yang datang dapat cepat diabadikan tanpa harus menunggu baterai yang sudah dipakai selesai dicash. Memory card ekstra membuat kita tidak khawatir dalam melepas bidikan sebanyak apapun. Sedang aksesoris kamera memungkinkan kita untuk menyiasati kondisi yang tidak ideal pada saat pengambilan gambar, seperti kurangnya cahaya atau justru cahaya yang berlebih.

Tunggu Momen Terbaik

Untuk dapat menghasilkan foto yang baik, dibutuhkan momen yang terbaik. Karena itu, sebelum menekan tombol shutter amati dengan seksama objek yang akan diabadikan, tunggu dengan sabar sampai objek tersebut benar-benar membuat momen terbaik, baru dijepret.

Pilih Waktu yang Tepat

Objek yang sama seringkali menciptakan nuansa yang berbeda jika difoto pada waktu yang berlainan. Itu sebabnya, jika merasa telah mendapatkan objek yang menarik, pertimbangan pula waktu pemotretan, apalah objek tersebut akan lebih menarik jika diambil pada pagi hari, siang, sore, atau justru pada malam hari.

Ambil Gambar Close-Up

Satu hal yang seringkali mengganggu saat mengabadikan objek yang ada di lokasi wisata, adalah banyaknya pengunjung wisata yang ada di sekitar objek tersebut, sementara kita tidak menginginkan para pengunjung ikut terekam dalam gambar. Untuk menyiasatinya, beradalah sedekat mungkin dengan objek pemotretan dan amati dengan detail, kemudian ambil gambar secara close-up.

Bawa Selalu Kamera

kemanapun pergi selama berada di tempat berlibur, karena momen yang hebat dan perlu diabadikan dapat setiap saat muncul. Jangan ragu untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya agar dapat memperoleh foto yang terbaik dari serangkaian foto pada momen yang sama. Karena rangkaian foto tersebut dapat kita pilih, dengan membuang foto-foto yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Apapun Bisa Jadi Objek

Meski tujuan kita adalah untuk mengabadikan momen saat liburan, bukan berarti yang menjadi sasaran bidik hanya landscape atau arsitektur yang ada di tempat liburan. Untuk memberikan informasi dan mengidentifikasi tempat berlibur dapat pula dilakukan dengan memotret aktifitas dari orang-orang yang berada di tempat berlibur.

Buat Foto yang Natural

Foto yang menarik dihasilkan oleh sebuah momen yang alami tanpa direkayasa. Untuk itu, jika yang menjadi objek adalah orang, bidik orang tersebut pada saat melakukan aktifitas secara spontanitas tanpa memberi kesempatan pada objek untuk melakukan akting di depan kamera. Jika objek yang hendak difoto adalah landscape atau pemandangan, abadikan dengan kamera pada saat objek berada pada puncak keindahannya.

Gunakan Landmark

Simbol atau landmark selalu dimiliki oleh sebuah tempat wisata. Sehingga untuk mempertegas keberadaan kita di tempat liburan, landmark tersebut bisa dijadikan sebagai latar belakang dari beberapa foto yang kita ambil. Misalnya jika kita berlibur ke Bali, ambil gambar yang berlatarbelakang salah satu landmark yang ada di Pulau Dewata tersebut, seperti Tanah Lot, Patung Garuda Wisnu Kencana, atau yang lain.

Bawa Tripod

Jika berlibur bersama keluarga, jangan lupa untuk membawa tripod, agar kita tidak hanya menjadi tukang foto saja, tapi juga bisa ikut berfoto ria bersama keluarga. Bisa saja sebenarnya meminta bantuan orang lain untuk mengambil gambar. Namun selain akan merepotkan orang, hasilnya seringkali tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Demikian beberapa tips yang perlu diketahui pembaca Kumkel.com dalam mengabadikan momen saat liburan dengan menggunakan lensa kamera.  (ak)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close